Kekalahan "Konyol" Timnas Indonesia atas China Taipe, Ternyata Ini Sebabnya!


Timnas Indonesia U-23 Asian Games 2023 harus menelan kekalahan 1-0 atas Cgina Taipe. kekalahan ini dirasa konyol mengingat China Taipe memiliki level permainan yang jauh dibawah Timnas Indonesia.

Bertandingan di Stadion Zhejiang Normal University East, Kamis (21/9), sebenarnya Timnas Indonesia mampu menguasai pertandingan. Sementara tim lawan justru lebih sering bertahan dan menunggu pemain Indonesia melakukan kesalahan dan mulai menyerang balik.

Egy Maulana Vikri nampak kesulitan menembus pertahanan China Taipe hingga babak pertama berakhir tanpa gol.

Di awal babak kedua justru anak asuh Indra Sjafri dikejutkan dengan gol cepat China Taipe yang dicetak oleh Chin Wen Yen. Lini pertahanan Timnas Garuda seolah lengah dan belum siap menghalau pergerakan lawan sehingga Chin Wen Yen mampu menusuk dan melepaskan tendangan terarah.

Skor 1-0 untuk keunggulan China Taipe bertahan hingga akhir pertandingan. Meski kalah, Timnas Indonesia masih menempati posisi puncak klasemen Grup F dengan tiga poin, sementara China Taipe di posisi tiga klasemen.

Sebab Timnas Indonesia Kalah

Kekalahan ini dirasa cukup konyol mengingat kualitas Timnas Indonesia diatas kertas jauh lebih baik ketimbang China Taipe. Bahkan dipertandingan perdana, Kirgiztan mampu dikalahkan Indonesia dengan skor 2-0.

Kekalahan ini menjadi pelajaran berharga bagi tim. Pelatih Indra Sjafri harus menyadari dan melakukan evaluasi akan kelemahan Timnas Indonesia hari ini.  Sejumlah kelemahan nampak terlihat terutama performa di lini pertahanan.

Beberapa kali tim lawan mampu menyulitkan lini pertahanan Timnas Indonesia. Beruntung China Taipe memiliki penyelesaian akhir yang buruk.

Selain lini belakang yang lemah, di pertandingan kali ini nampak pemain beberapa kali melakukan kesalahan sehingga bola dengan mudah berpindah ke tim lawan.

Begitupun dilini serang yang kurang maksimal menciptakan peluang berbahaya bagi tim lawan.

Atas kelemahan ini, pelatih Indra Sjafri wajib mealakukan evaluasi yang mendalam, terlebih di pertandingan terakhir sangat penting dan berat karena akan menghadapi Korea Utara.

Kita lihat saja, apakah Timnas Indonesia akan mampu meraih kemenangan di pertandingan terakhir grup F Asian Games 2023?

Laga terakhir akan digelar pada hari Minggu, 24 Septermber pukul 15:00 WIB.