Mengenal Seongnam FC, Calon Klub Baru Pratama Arhan di Liga Tertinggi Korea

author photo Desember 27, 2021

Pada pertengahan tahun 2021 lalu, salah satu klub kasta tertinggi Korea Selatan dikabarkan jatuh hati kepada bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan. Meski belum bisa dipastikan, namun kabar yang beredar klub tersebut adalah Seongnam FC.

Klub ini memiliki sejarah yang cukup panjang di persepakbolaan Korea Selatan, dulunya klub ini bernama Ilhwa Chunma Football Club dan Seongnam Ilhwa.

Kemudian tahun 2014 nama Seongnam FC di tetapkan setelah kepemilikan klub diambil alih oleh pemerintah kota Seongnam. Begitupun dengan perubahan logo hingga warna jerseynya.

Meski di tahun 2021 ini, Seongnam FC finish di urutan 11 dari 12 klub di K-League dan harus menjalani babak playoff agar terhindar dari degradasi. Namun nyatanya Seongnam FC di abad 20 masuk dalam daftar lima besar klub terbaik Asia versi Federasi Sejarah dan Statistik Sepakbola Internasional (IFFHS).

Prestasinya adalah 7 kali menjuarai K-League, 3 kali Piala FA Korea, 3 kali Piala Liga Korea dan 2 kali Liga Champions Asia. Menariknya, Shin Tae-yong yang saat ini menjadi pelatih Timnas Indonesia merupakan bagian bersejarah Seongnam FC baik sebagai pemain maupun manager.

Pada tahun 1995, Shin Tae-yong bermain untuk Seongnam FC dan meraih gelar Liga Champions Asia. 15 tahun kemudian, Shin Tae-yong sukses menjadi manager Seongnam FC dan menjuarai Liga Champions Asia. Reputasinya sebagai pelatih sejak saat itu mulai di perhitungkan di kancah internasional.

Shin Tae-yong yang berposisi sebagai gelandang serang sudah mengoleksi 99 gol dari 403 tampil bersama Seongnam FC. Musim 2005/2006, Shin Tae-yong hijrah ke Queensland Roar Australia, sayangnya hanya bermain sekali tanpa satu gol pun.

Ada Peran Shin Tae-yong?

Ada kemungkinan Seongnam FC mendekati Pratama Arhan lantaran ada peran Shin Tae-yong dibelakangnya. Bukanlah hal aneh mengingat Shin Tae-yong juga berperan pada kepindahan Asnawi Mangkulaman ke Ansan Greeners.

Saat ini, Pratama Arhan masih menjadi pemain PSIS Semarang, namun jika ada klub luar yang tertarik denga Arhan serta ada penawaran yang bagus maka PSIS bisa saja melepasnya.

Pratama Arhan sendiri tampil sangat meyakinkan di Piala AFF 2020 ini dan selalu menjadi pemain andalah Shin Tae-yong.

This post have 0 comments


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement