Ada Ronaldo! Potensi Line-Up Timnas Indonesia di Piala AFF U-23, Optimis Juara!

Piala AFF U-23 akan digelar pada Februari 2022 mendatang, lini depan masih menjadi PR bagi Shin Tae-yong, namun ada nama yang potensial untuk dijadikan striker berkelas yakni Ronaldo Kwateh.

Seperti diketahui, pelatih Shin Tae-yong diminta oleh PSSI untuk mempersiapkan tim yang akan berlaga di Piala AFF U-23 yang akan digelar pada 14-26 Februari 2022 mendatang di Kamboja.

Timnas Indonesia harus mampu mempertahankan gelar juara mengingat pada edisi Piala AFF U-23 2019 lalu, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Thailand i final dengan skor 2-1.

Kali ini, Timnas Indonesia tergabung di grup B bersama Malaysia, Myanmar dan Laos.

Pelatih Shin-Tae-yong sudah menyatakan akan memanggil para pemain U-20 yang berlaga di Piala AFF 2020 lalu dengan catatan mereka yang tidak bermain di klub luar negeri.

Maka sudah dipastikan nama-nama seperti Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri serta Elkan Baggott tidak akan ikut di perhelatan Piala AFF U-23 2022 kali ini.

Namun nampaknya Shin Tae-yong tidak merasa khawatir, pasalnya pada pemusatan latihan Timnas Indonesia U-18 di Turki beberapa waktu lalu, ada sejumlah pemain muda yang potensial yang bisa diambil. Lantas siapakah mereka?

Penjaga Gawang

Muhammad Riyandi (Barito Putera), Andika Ramadani (Persebaya) serta Ernando Ari (Persebaya) menjadi nama-nama beken di posisi penjaga gawang.

Jika dilihat dari sisi jam terbang maka Ernando Ari bisa menjadi pilihan utama, pasalnya Ernando sudah bermain sebanyak 9 kali bersama Persebaya dengan 4 clean sheets.

Di level Timnas nama Ernando juga sudah tampil di Piala AFF 2020 lalu, apalagi di level U-16, U-19 hingga U-23.

Bek

Pada bagian belakang tentu Shin Tae-yong tidak dibingungkan lagi, pasalnya ada beberapa nama yang bisa dipilih seperti Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga hingga Rizky Ridho. Ketiganya adalah tumpuan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 lalu sehingga berhasil mencapai babak final.

Namun jangan di lupakan nama Bagas Kaffa yang tampil impresif bersama Barito Putera dan selalu menjadi pilihan utama klub.

Gelandang

Menarik pada posisi gelandang, salah satu pemain muda terbaik dunia yakni Marselino Ferdinan nampaknya wajib diikut sertakan Shin Tae-yong ke Kamboja. Pemain 17 tahun ini sudah mencetak 3 gol dan 5 assist bersama Persebaya dan menjadi pemain penting bagi klub.

Selain itu tentu ada nama Rachmat Irianto yang menjadi tandem Marselino Ferdinan, atau ada pula Luthfi Kamal yang menurut kami sangat layak sebagai jenderal lapangan tengah.

Penyerang

Lini serang memang menjadi PR Shin Tae-yong hingga saat ini, namun perlu di coba bintang muda Madura United yakni Rondaldo Kwateh yang kerap mendapat pujian dari luar.

Rondaldo tampil apik saat pemusatan latihan di Turki dengan mencetak dua gol dari tiga pertandingan. Selain Rondaldo ada juga Ricky Pratama serta Ramai Rumakiek.