AFF Pulangkan Wasit yang Bentak Shin Tae-yong

author photo Desember 25, 2021

Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) akhirnya harus membuat keputusan dengan memulangkan wasit asal Qatar, Saoud Ali Al-Adba lantaran beberapa kali membuat keputusan kontroversial.

Keputusan Saoud yang kontroversial terlihat jelas di pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2020 antara Thailand melawan Vietnam.

Banyak keputusan Saoud merugikan Vietnam sehingga banyak warganet yang berkomentar. Vietnam sendiri harus mengalami kekalahan perdananya di Piala AFF 2020 dengan skor 2-0.

Setidaknya tiga keputusan Saoud yang dianggap kontroversial, Pertama, Saoud hanya memberikan kartu kuning kepada kiper Thailand, Chatchai Budprom. Padahal, Budprom telah menarik jersey Nguyen van Toan di luar kotak penalti. Sebagai pemain terakhir di lini pertahanan Thailand, aksi Budprom seharusnya mendapat kartu merah.

Keputusan kedua yang merugikan Vietnam adalah saat Saoud memberikan hadiah penalti kepada Thailand. Penyebabnya adalah Do Duy Manh bertabrakan dengan Supachai Jaided di kotak terlarang, padahal terlihat pemain Vietnam tersebut tidak menjatuhkan Supachai.

Kemudian pada saat pemain Thailand, Weerathep Pomphan nampak jelas hand ball di kotak penalti, namun sayang lagi-lagi Saoud membuat keputusan kontroversi dengan tidak memberikan hadiah penalti kepada Vietnam.

Fakta ini yang membuat Wakil Presiden Federasi Sepakbola Vietnam, Tran Quoc Tuan, langsung berkonsultasi dengan AFF. Mereka membeberkan sejumlah keputusan blunder Saoud.

Hasilnya, Saoud sudah meninggalkan Singapura dan tidak akan memimpin pertandingan dua leg semifinal Piala AFF 2020.

Bersitegang dengan Shin Tae-yong

Sebenarnya bukan kali ini saja Saoud mengundang perdebatan. Saat Timnas Indonesia melawan Malaysia, Saoud juga terlihat bersitegang dengan Shin Tae-yong.

Tae-yong saat itu memprotes Saoud, yang bertugas sebagai ofisial keempat. Namun, bukan respon baik, pelatih timnas Indonesia ini justru dibentak Saoud dengan nada keras.

This post have 0 comments


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement