Media Malaysia Sebut Timnas Indonesia Tak Layak Masuk Final Piala AFF 2020

Timnas Indonesia sukses meraih kemenangan atas Singapura di Leg Kedua babak semifinal Piala AFF 2020. Kemenangan tersebut membuat Timnas Indonesia berhak melaju ke babak final. Namun media Malaysia, New Straits Times menilai Timnas Indonesia tidak layak melaju ke final karena tim Shin Tae-yong tersebut diuntungkan oleh sejumlah keputusan wasit asal Oman, Qasim Matar Ali Al Hatmi.

Pada pertandingan Timnas Indonesia vs Singapura di Stadion Nasional Singapura memang berlangsung dramatis dan penuh intrik. Hal ini berawal dari Safuwan Baharuddin yang mendapat kartu kuning kedua.

Safuwan terlihat jelas menyikut Rizky Ridho di depan wasit yang membuatnya diganjar kartu kuning kedua. Namun banyak pihak menyayangkan keputusna wasit tersebut dan sebaiknya di beri peringatan saja.

Selain itu, New Straits Times juga menilai gol yang di cetak Pratama Arhan pada menit ke 87 berbau offside.

“Beberapa keputusan kontroversial wasit menghalangi kesempatan Singapura untuk mencapai final,” tulis pemberitaan New Straits Times, dilansir Minggu (26/12/2021).

Selanjutnya, Singapura juga berhak mendapatkan hadiah penalti kala Amy Recha dijatuhkan oleh Rachmat Irianto didalam kotak terlarang.

“Singapura dibuat gusar oleh wasit Qasim Matar Ali dari Oman yang melanjutkan permainan ketika Rachmat Irianto menjegal Amy Recha pada menit 43,” sambung pemberitaan tersebut.

Pertandingan Timnas Indonesia versus Singapura sendiri berlangsung hingga 120 menit karena harus melalui babak perpanjangan waktu. Skor akhir pertandingan adalah 4-2 dimana gol Timnas Indonesia di cetak oleh Ezra Walian pada menit ke-11, Pratama Arhan (87’), Shawal Anuar (OG 91’) dan Egy Maulana Vikri (105+2’).

Sementara itu, dua gol Singapura diciptakan Song Ui-young di pengujung babak pertama dan Shahdan Sulaiman (74’).

Lawan Timnas Indonesia di babak final Piala AFF 2020 masih menunggu hasil antara Thailand vs Vietnam yang malam nanti akan berlangsung.