Big Match Piala AFF 2020: Prediksi Malaysia vs Timnas Indonesia

Timnas Indonesia akan menjalani pertandingan terakhir di babaj penyisihan grup Piala AFF 2020 melawan Malaysia. Pertandingan ini akan dilangsungkan di Stadion Nasional, Kallang, Singapura, Minggu (19/12/2021).

Timnas Indonesia memiliki keuntungan dipertandingan hidup mati ini lantaran berada di puncak klasemen sementara grup B. Hasil imbang sudah cukup mengantarkan Timnas Garuda ke semifinal, sementara Malaysia mau tidak mau harus meraih kemenangan.

Tim asuhan Shin Tae-yong belum pernah kalah di babak penyisihan Grup B. Dua kali meraih kemenangan atas Kamboja 4-2 dan Laos 5-1 serta hasil imbang melawan Vietnam.

Sementara Malaysia meraih dua kemenangan atas Kamboja 3-1 dan Laos 4-0. Sementara meraih kekalahan atas Vietnam dengan skor 0-3.

"Pertandingan besok melawan Indonesia akan menjadi suatu laga lain yang penting. Hal terpenting adalah kami harus fokus ke pertandingan ini,” kata Tan Cheng Hoe, pelatih Malaysia, dalam konferensi pers jelang laga, Sabtu (18/12/2021).

"Kami tahu tidak mendapatkan hasil yang bagus saat melawan Vietnam. Namun, laga melawan Indonesia adalah ada hal yang ingin kami raih dan kami siap bertanding melawan Indonesia,” tegas Tan Cheng Hoe.

Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyadari timnya lebih diunggulkan, meski begitu dirinya tak mau jemawa dan meminta anak asuhnya tetap fokus untuk memenangkan pertandingan.

“Memang banyak yang berkata Indonesia difavoritkan pada pertandingan nanti. Namun, kami tidak tahu karena situasi pertandingan bisa berubah. Saya juga tegaskan kepada pemain agar tidak lengah. Kalau kami bisa memperkuat mental, pasti bisa meraih hasil yang baik,” ujarnya.

"Saya minta kepada para pemain agar mempersiapkan dengan baik. Memang kondisi pemain juga terlihat pelan-pelan meningkat dan juga percaya diri. Saya yakin bisa mendapatkan hasil yang baik melawan Malaysia yang merupakan tim lebih baik dari kami,” imbuhnya

Pertandingan Tak Pernah Imbang

Pertemuan Timnas Indonesia vs Malaysia adalah yang ke sembilan kalinya di Piala AFF 2020 dan selalu berlangsung panas. Uniknya tidak pernah ada hasil imbang pada setiap pertandingan dan selalu berakhir dengan pemenang. Timnas Indonesia tercatat sudah mencetak 14 gol ke gawang Malaysia di Piala AFF 2020. Adapun Malaysia sukses 13 kali menjebol gawang skuad Merah Putih.

Perkiraan Susunan Pemain

Malaysia (4-3-3): Khairul Fahmi (kiper); Rizal Ghazali, Dian Cools, Dominic Tan, Syahmi Safari (belakang); Junior Eldstal, Syafiq Ahmad, Baddrol Bakhtiar (tengah); Safawi Rashid, Guilherme de Paula, Akhyar Rashid (depan).

Pelatih: Tan Cheng Hoe.

Timnas Indonesia (4-3-3): Muhammad Riyandi (kiper); Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Victor Igbonefo, Pratama Arhan (belakang); Rachmat Irianto, Evan Dimas, Ricky Kambuaya (tengah); Witan Sulaeman, Dedik Setiawan, Irfan Jaya (depan).

Pelatih: Shin Tae-yong.