Kinerja Wasit Rugikan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Minta VAR untuk Piala AFF

author photo Desember 24, 2021

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong meminta Piala AFF mendatang harus menggunakan ideo Assistant Referee (VAR). VAR sangat dibutuhkan untuk momen-momen krusial.

Keinginan Shin Tae-yong sendiri tak lepas dari keputusan wasit asal Korea Selatan, Kim Hee Gon yang merugikan timnya saat pertandingan leg pertama Semifinal Piala AFF 2020 melawan Singapura.

Saat itu gelandang serang Timnas Indonesia, Ricky Kambuaya dijatuhkan tipis berada di dalam kotak penalti Singapura. Sayangnya wasit tidak melihat pelanggaran tersebut berada di dalam kotak penalti sehingga tidak memberikan hadiah penalti untuk Timnas Indonesia.

Akhirnya wasit hany memberikan tendangan bebas untuk Timnas Indonesia. Andai saja saat itu wasit jeli maka Timnas Indonesia bukan tidak mungkin memenangkan pertandingan tersebut lewat tambahan gol dari titik penalti.

“Sebagai orang yang pernah turun di Piala Dunia, saya pikir teknologi VAR sangat diperlukan. Dalam pertandingan penting, keputusan wasit dapat merusak dan membahayakan hasil pertandingan,” kata Shin Tae-yong di sesi konferensi pers jelang laga Timnas Indonesia vs Singapura.

Shin Tae-yong juga menyinggung jalannya laga Vietnam vs Thailand di leg I semifinal Piala AFF 2020. Dalam laga tersebut, setidaknya ada dua pelanggaran yang sejatinya bisa menguntungkan Vietnam dan mengubah hasil pertandingan.

Pelanggaran pertama saat kiper Thailand Chatchai Bootprom keluar sarangnya untuk menghadang pemain Vietnam Nguyen Van Toan. Penghadangan dengan menarik baju dan menjatuhkannya. Sayangnya wasit Saoud Al-Adba asal Qatar hanya memberikan kartu kuning yang seharusnya kartu merah.

Pelanggaran kedua saat pemain Thailand, Weerathep Pomphan jelas terlihat handball di dalam kotak penalti. Sayangnya wasit tidak menganggapnya pelanggaran sehingga tidak memberikan hadiah penalti. 

Andai saja penalti setidaknya Vietnam bisa memperkecil kedudukan dan memiliki peluang di Leg kedua.

“Pertandingan terakhir antara Vietnam dan Thailand juga sama. Ada beberapa momen di mana hukuman harus dijatuhkan. AFF harus memiliki VAR untuk meningkatkan citra turnamen,” lanjut Shin Tae-yong.

This post have 0 comments


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement