Korea Selatan Heboh! Penyebabnya Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia sukses meraih kemenangan perdananya di Piala AFF 2020 dengan mengalahkan Kamboja skor 4-2 pada hari Kamis (9/12/2021). Kemenangan Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong lantas ramai di beritakan di Korea Selatan.

Memang sebelumnya diberitakan media Korea Selatan memberikan perhatian khusus kepada Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 ini.

Salah satu media Korea Selatan yang memberitakan kemenangan Timnas Indonesia adalah Yonhap. Media tersebut menulis judul berita "Timnas Indonesia-nya Shin Tae-yong mengalahkan Kamboja 4-2 pada laga Perdana Piala Suzuki AFF,".

Menurut media tersebut kemenangan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 sangat berarti mengingat Piala AFF di sebut-sebut juga sebagai "Piala Dunia-nya Asia Tenggara".

"Setelah menukangi Timnas Indonesia sejak Desember 2019, coach Shin Tae-yong, yang memulai debut di Piala Suzuki AFF, atau yang disebut Piala Dunia-nya Asia Tenggara, meraih kemenangan pada laga perdana," tulis mereka.

Selain menyoroti kiprah Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia, Yonhap juga menyoroti Asnawi Mangkualam yang saat ini membela membela salah satu klub Korea Selatan, Ansan Greenes.

"Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam yang bermain untuk klub K-League 2 Ansan Greeners juga bermain penuh," tulisnya.

Meski Menang, Shin Tae-yong Kecewa

Meski Timnas Indonesia meraih kemenangan dengan skor 4-2 namun pelatih Shin Tae-yong menyimpan rasa kecewa kepada timnya, pasalnya mentalitas para pemain tidak sesuai harapannya karena menganggap remeh lawan. Setelah unggul jauh justru Kamboja mampu mencetak dua gol.

”Dengan alasan skor jauh juga, para pemain kami menganggap lawan mudah, ini memang kesalahan dari pemain kami," ucap Shin Tae-yong.

"Jadi, ini yang harus diperbaiki untuk kami juga memang akan ditegur juga untuk masalah-masalah seperti ini," tegas pelatih asal Korea Selatan itu.