Pelatih Asal Vietnam Kutuk Gaya Permainan Timnas Indonesia

Hasil positif diraih Timnas Indonesia kala menahan imbang Vietnam tanpa gol dibabak penyisihan grup B Piala AFF 2020 tadi malam, Rabu (15/12/21). 

Hasil ini membuat Timnas Indonesia kokoh dipuncak klasemen sementara dengan poin 7 atau poin yang sama dengan Vietnam. Banyak drama sepanjang pertandingan dimana Timnas Indonesia bermain lebih bertahan sementara Vietnam terus menerus menggempur pertahanan Timnas Indonesia.

Hasil seri membuat publik Vietnam kecewa, pasalnya mereka sanggup mendominasi hingga akhir pertandingan. Pelatih asal Vietnam, Pham Minh Duc bersuara mengungkapkan kekecewaannya.

Bukan hanya itu, Pham Minh Duc juga mengutuk beberapa pemain Timnas Indonesia yang dianggap bermain sangat kasar dan berpotensi membuat cedera para pemain Vietnam.

"Seperti babak pertama, Indonesia menendang sangat kencang, lini tengah mereka bermain sangat keras," ujar Pham Minh Duc kepada Soha.vn.

"Kami bermain seperti babak pertama, tetapi kami tidak menciptakan banyak peluang, jadi kami tidak bisa mencetak gol,"

"Kami bertemu lawan yang kasar dan kasar. Kami senang kami tidak mengalami cedera serius. Peluang 90% dari kami akan tetap lolos ke semifinal," pungkasnya.

Lini Serang Vietnam Frustasi

Pelatih Shin Tae-yong memasukan lima bek sekaligus yakni Asnawi Mangkualam, Rizki Ridho, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga Santosa, dan Pratama Arhan.

Strategi ini ampuh menahan gempuran Vietnam sekalipun penguasaan bola tim lawan mencapai 73 persen. Sementara Evan Dimas Darmono sengaja di simpan hingga babak kedua selagi lini pertahanan masih kokoh. Vietnam tercatat menembakkan tendangan hingga 21 kali namun tidak ada satupun yang berhasil masuk.

Masuknya Evan Dimas membuat Timnas Indonesia sedikit lebih bisa menyerang, meski minim peluang namun cukup mampu membuat jantung pendukung Vietnam berdebar.

Laga Penentuan

Timnas Indonesia akan menghadapi Malaysia di laga penentuan lolos tidaknya ke semifinal. Pertandingan ini akan dilangsungkan pada hari Minggu, 19/12/21. Indonesia hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke semifinal.