Saran Shin Tae-yong untuk Pemain Timnas Indonesia Usai Piala AFF 2020: Berkarir di Jepang, Korea Selatan Hingga Eropa


Timnas Indonesia dengan skuad mudanya sukses menembus babak final Piala AFF 2020. Jika dibanding negara peserta lain jelas pasukan Shin Tae-yong memiliki rata-rata pemain berusia muda antara 21 hingga 23 tahun.

Sempat diremehkan peserta lain dan di prediksi tidak akan lolos dari babak penyisihan grup nyatanya Witan Sulaeman justru mampu menembus babak final.

Penampilan yang impresif dari setiap pemainnya dikabarkan sejumlah klub luar negeri tertarik ingin melakukan perekrutan.

Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia menyarankan agar Pratama Arhan dan kawan-kawannya bisa berkarir di kompetisi elit Asia hingga Eropa seperti Liga Jepang, Liga Korea Selatan hingga Liga Eropa.

"Memang hal ini sangat positif bagi Timnas Indonesia. Semoga ini bisa menjadi langkah yang baik bagi para pemain Timnas Indonesia," kata Shin Tae-yong pada saat sesi konferensi pers jelang pertandingan Leg kedua babak Final Piala AFF 2020 melawan Thailand.

Sejauh ini ada beberapa pemain Timnas Indonesia yang sedang berkarir di luar negeri, sebut saja Egy Maulana Vikri di Slovakia, Witan Sulaeman di Polandia, Elkan Baggott di Inggris, Asnawi Mangkualam di Korea Selatan, dan Syahrian Abimanyu dan Ryuji Utomo di Malaysia.

Selain ke enam pemain tersebut juga ada beberapa pemain di luar Timnas Indonesia yang berkarir di luar negeri seperti Bagus Kahfi di Belanda, Brylian Aldama dan David Maulana di Kroasia, dan Saddil Ramdani di Malaysia.

"Saya berharap para pemain Indonesia bisa bermain di luar negeri, di Liga Jepang, Liga Korea Selatan, hingga Eropa," imbuh Shin Tae-yong.

"Jadi, mereka bisa belajar budaya sepak bola di negara maju. Dengan begitu, pasti akan ada perkembangan untuk sepak bola Indonesia," imbuh pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.