Shin Tae-yong: Kami akan Bertemu Vietnam di Final!

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong cukup percaya diri bisa membawa Timnas Indonesia ke babak semifinal Piala AFF 2020 dan menghadapi Vietnam di Final.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia mampu menahan imbang Vietnam tanpa gol di pertandingan penyisihan Grup B pada 15 Desember 2021 lalu. Padahal banyak yang meprediksi skuad Garuda akan mengalami kekalahan.

Prediksi tersebut memang cukup beralasan mengingat Vietnam sebagai tim terkuat di Asia Tenggara sebelumnya sukses menggasak Malaysia dengan skor 3-0.

Namun Vietnam yang di asuh Park Hang-seo justru tak mampu menembus pertahanan Timnas Indonesia meski mampu mendominasi pertandingan. Alhasil dari 21 kali percobaan menjebol gawang Timnas Indonesia, hanya satu yang tepat sasaran.

Kedua tim sejauh ini memiliki rekor tersendiri di Piala AFF 2020 dimana Timnas Indonesia menjadi tim tertajam dengan koleksi 9 gol, sementara Vietnam adalah tim dengan pertahanan paling kokoh lantaran belum satupun kebobolan.

“Saya pikir kami akan bertemu Vietnam di final (Piala AFF 2020). Tim terbaik dalam hal bertahan dan menyerang kembali bertemu setelah babak penyisihan. Dengan begitu, saya jadi bisa menunjukan citra yang lebih baik,” kata Shin Tae-yong mengutip dari media Korea Selatan, Yonhap News Agency, Jumat (17/12/2021).

Butuh Hasil Imbang

Laga penentuan akan tersaji pada Minggu (19/12/21) antara Timnas Indonesia melawan Malaysia. Evan Dimas Darmono hanya membutuhkan hasil imbang agar bisa lolos ke Semifinal Piala AFF 2020.

Meski begitu usaha Timnas Indonesia tidak akan mudah lantaran Malaysia juga membutuhan poin penuh untuk memastikan diri melaju ke semifinal. Malaysia akan tampil dengan skuad terbaiknya menghadapi Timnas Indonesia.

Semoga saja Timnas Indonesia mampu memenangi pertandingan ini sehingga berpeluang mengokohkan posisinya sebagai juara grup B untuk melawan Singapura di babak semifinal.