Vietnam Bertekad "Geprek" Timnas Malaysia yang Terluka

Hari ini, Minggu (12/12/21) pertandingan Big Match di babak penyisihan grup B Piala AFF 2020 akan tersaji antara Vietnam melawan Malaysia.

Pertandingan ini akan berlangsung usai Timnas Indonesia kontra Laos di Stadion Bishan, Singapura pada sore harinya.

Pertandingan Big Match ini justru dianggap lebih menguntungkan Vietnam lantaran empat pemain inti Malaysia tekonfirmasi positif Covid-19 sehingga tinggal menyisakan 19 pemain saja.

Pemain yang positif Covid-19 diantaranya adalah Akhyar Rashid (striker), Quentin Cheng (full-back), Faisal Halim (winger), dan Khairulazhan Khalid (kiper).

Pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe berharap penyelenggara yakni AFF memberikan belas kasih kepada Malaysia agar bisa menambah pemain baru.

"Tentu kami memahami dan menghormati aturan turnamen, tetapi terkadang ada keadaan yang tidak terduga, terutama dalam situasi COVID-19 seperti ini. Kami tidak punya cara lain," ujar Tan Cheng Hoe dilansir dari laodong.vn.

"Saya harap penyelenggara dapat bersimpati dan izinkan kami menambah pemain," tuturnya menambahkan.

Kekuatan Penuh Vietnam

Sementara Vietnam akan memainkan skuad andalannya yang bermain di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Menurut media Vietnam, laodong.vn mengatakan Vietnam hanya memainkan skuad pelapis saat mengalahkan Laos beberapa waktu lalu.

"Timnas Vietnam dipastikan menggunakan skuat terkuatnya untuk menghadapi Malaysia di laga yang dianggap sebagai "final" Grup B Piala AFF 2020," tulis laodong.vn.

"Namun, dengan lawan yang jauh lebih lemah, tim Laos, pelatih Park Hang-seo benar-benar dapat bereksperimen dengan nama lain," imbuhnya.

Head to Head Vietnam vs Malaysia

  • Malaysia 1 - 2 Vietnam (11/06/21)
  • Vietnam 1 - 0 Malaysia (10/10/19)
  • Vietnam 1 - 0 Malaysia (15/12/18)
  • Malaysia 2 - 2 Vietnam (11/12/18)
  • Vietnam 2 - 0 Malaysia (16/11/18)