Blak-Blakan Alexandre Polking: Benahi Liga Indonesia Jika Ingin Bersaing di Level Tim Nasional

Pelatih Timnas Thailand, Alexandre Polking atau sering disapa Mano Polking baru saja membawa Thailand menjuarai Piala AFF 2020. Thailand sukses mengalahkan Timnas Indonesia dengan agregat skor 6-2 sehingga berhasil menjadi yang terbaik di Asia Tenggara untuk yang ke enam kalinya.

Polking sendiri sudah malang melintang sebagai pelatih di klub Asia Tenggara sehingga dia sudah memiliki gambaran tersendiri mengenai persepakbolaan dikawasan ini.

Menurutnya, beberapa negara di Asia Tenggara perlu meningkatkan kualitas di liganya masing-masing. Polking menilai kualitas liga yang baik akan membawa kejayaan di level Tim Nasional.

''Secara keseluruhan [di Asia Tenggara] harus ditingkatkan. [Liga] Indonesia, Singapura dan Vietnam harus ditingkatkan. Ini adalah satu-satunya cara untuk negara-negara di sini untuk berkembang,'' terang Polking.

Secara tidak langsung Polking juga menyinggung kualitas Liga Indonesia. Dia tidak ragu menyatakan Liga Thailand adalah yang terbaik di Asia Tenggara.

''Saya pernah bekerja di Vietnam. Vietnam di sini merupakan tim terbaik. Tapi, kompetisi di Vietnam masih perlu ditingkatkan. Liga di Thailand menurut saya adalah yang terbaik, liga terkuat,'' kata Polking.

Infrastruktur juga sangat penting dalam meningkatkan kualitas pertandingan, dan di Thailand memiliki infratrusktur yang lebih bagus.

''Infrastruktur klub di Thailand lebih bagus, fasilitasnya juga. Mereka punya pemain asing yang lebih berkualitas karena dibayar lebih banyak. Jadi, liga di Thailand harus tetap mempertahankan kualitas dan berkembang,'' ungkapnya..

''Saya tidak berniat berbicara hal-hal buruk tentang wilayah ini [Asia Tenggara]. akan tetapi, liga-liga harus ditingkatkan kualitasnya agar kualitas para pemain juga meningkat. Kami di Thailand juga demikian, mempertahankan kualitas,'' pungkasnya.