Marselino Ferdinan Layak Main di Luar Negeri: "Jangan ke Malaysia Deh, Tapi di Eropa Saja!"

author photo Januari 09, 2022

Tak dipungkiri gelandang Persebaya Surabaya, Marselino Ferdinan adalah pemain muda terbaik di BRI Liga 1 musim ini. Pemain berusia 17 tahun ini tampil secara konsisten bermain reguler untuk Persebaya. 

Sejauh ini, Marselino sukses mencetak tiga gol dan empat assist dalam 12 laga yang dijalaninya. Dia sendiri seorang gelandang serang yang memiliki tembakan jarak jauh yang keras dan akurat.

Maka tak heran jika banyak kalangan berpendapat Marselino layak untuk bermain di luar negeri. Hal inipun diamini oleh pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso.

“Marsel selama kompetisi tampil cukup bagus. Dia selalu berjuang. Menurut saya, dia pemain yang lengkap, bisa gelandang box-to-box, bisa mengumpan, merebut, dan cetak gol. Tetapi, saya berpesan kepada Marsel, perjalanan masih panjang, jangan berpuas diri,” ujarnya.

“Targetnya dia seharusnya bermain di luar negeri. Dan di luar negeri itu, menurut saya jangan di Malaysia, di Korea, Jepang, atau mungkin bahkan kalau memungkinkan di Eropa,” imbuh pelatih berusia 51 tahun itu.

Bukan rahasia lagi sejauh ini Malaysia kerap menjadi tujuan pemain Indonesia berkarir. Padahal level sepakbola Malaysia tidak berbeda jauh dengan Indonesia dan hanya sedikit berada diatas.

Kesempatan berkarier di Asia Timur, seperti Korea Selatan atau Jepang, akan menambah pengalaman Marselino. Pemain didikan kompetisi internal Persebaya ini bahkan berpotensi besar untuk menjadi andalan di klub Eropa.

“Marsel tercatat sebagai salah satu dari 60 pemain bertalenta di dunia. Saya berharap Marsel bisa bermain di luar negeri, dengan catatan dia masih tetap disiplin bekerja keras, dan tidak terlena dengan pujian selama ini,” ucap Aji.

Cukup membanggakan, dalam rilis media ternama Inggris, The Guardian pada 6 Oktober 2021, Marselino Ferdinan masuk dalam daftar 60 wonderkid terbaik dunia.

Dirinya disejajarkan dengan wonderkid Lazio, Luka Romero. Lalu terdapat pula pemain muda Borussia Dortmund, Youssoufa Moukoko. Tak ketinggalan masuk pula nama Elias Solberg yang merupakan wonderkid milik Juventus.

This post have 0 comments


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement