Shin Tae-yong Bakal Hapus Budaya "Santai" Pemain Timnas Indonesia

author photo Januari 09, 2022

Shin Tae-yong menjadi pelatih Timnas Indonesia sejak Desember 2019 dengan durasi kontrak 4 tahun yakni hingga 2023. Sepanjang perjalanan karirnya di Indonesia, pelatih asal Korea Selatan tersebut sudah mendampingi Timnas Indonesia berlaga di berbagai ajang.

Terakhir, saat dia membawa Timnas Indonesa menjadi runner up di Piala AFF 2020 yang berlangsung di Singapura beberapa waktu lalu.

Selama melatih di Indonesia, Shin Tae-yong mengaku banyak hal baru yang ada di Indonesia sehingga harus bisa beradaptasi. Seperti bahasa yang membuatnya sedikit kesulitan dalam berkomunikasi.

"Dari segi perbedaan budaya, banyak yang harus saya ikuti untuk memahami mereka," ucap Shin, Tae-yong dalam wawancaranya dengan Myeongjangdeul dan diterjemahkan melalui akun YouTube BAL, Minggu (9/1/2022). 

"Ada juga kendala bahasa yang bisa membuat timbulnya kesalahpahaman," ucap Shin Tae-yong menambahkan.

Namun pada dasarnya orang-orang Indonesia memiliki sifat yang sangat baik. Hal lain yang dia temui adalah pemain Timnas Indonesia terlihat lebih santai, sebut saja saat hendak berlatih ke lapangan, mereka terlihat santai dan tidak segera mempersiapkannya.

Para pemain terlihat lebih asik mengobrol ketimbang mempersiapkan diri untuk latihan. Hal ini berbeda dengan Timnas Korea Selatan, mereka sangat bersemangat untuk latihan.

"Kalau masuk ke stadion, para pemain di sini tidak langsung cepat-cepat sementara kalau kami pasti sudah disuruh cepat-cepat," tutur juru taktik asal Korea Selatan itu. 

"Kalau mereka keluar dari bus masuk ke lapangan itu memakan waktu sekitar 10 menit, sementara kami staf pelatih dari bus ke lapangan hanya 1-2 menit saja. Jadi kami berdiri menunggu pemain datang," ucap Shin Tae-yong. 

"Mereka juga masih pada duduk mengobrol dan terlihat tidak berniat ke lapangan. Mereka terus saja mengobrol sambil mengikat tali sepatu," katanya menambahkan.

Pola kehidupan para pemain timnas Indonesia itu pun sangat disayangkan oleh Shin Tae-yong. Perlahan-lahan Shin Tae-yong ingin mengubah sikap baik yang seharusnya dimiliki oleh pemain-pemain berlabel tim nasional.

"Menurut saya tidak bisa terus seperti itu. Jadi saya pikir itu harus diubah. Mengubah hal itu jadi hal yang harus saya lakukan," tutup Shin Tae-yong.

This post have 0 comments


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement