Ngeri! Malaysia Naturalisasi Sergio Aguero Meski Batal Lawan Timnas Indonesia

Timnas Malaysia mendapatkan angin segar setelah salah satu klub Liga Malaysia, Pahang FC berencana menaturalisasi dua pemain asingnya yakni Sergio Aguero dan Lee Tuck. Kepastian tersebut diumumkan usai Timnas Malaysia dipastikan gagal melawan Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Seperti diketahui, Pahang FC mendatangkan lima pemain asingnya untuk mengarungi kompetisi Liga Super Malaysia 2022. Mereka adalah Manuel Hidalgo, Mamadou Samassa, Mahmoud Za'tara, Johan Martial dan Billy Ketkeophomphone.

Johan Martial merupakan kakak dari Anthony Martial yang saat ini sebagai striker Sevilla. Sementara Billy Ketkeophomphone merupakan pemain Timnas Laos yang pernah bermain di Piala AFF 2020 lalu. Sebelumnya Billy adalah pemain League 2 Prancis bersama USL Dunkerque.

Hadirnya kelima pemain asing tersebut tentu membuat status Sergio Aguero dan Lee Tuck menjadi tidak jelas, pasalnya Liga Super Malaysia hanya memperbolehkan klub memiliki lima pemain asing saja.

Namun, media Malaysia New Straits Times mencium aroma bahwa Pahang FC berencana menaturalisasi Sergio Aguero dan Lee Tuck. Sebab, mereka sudah lima tahun tinggal di Malaysia sehingga secara adminstratif bisa dinaturalisasi menjadi Warga Negara Malaysia.

“Sebuah sumber mengatakan Pahang FC telah memulai proses naturalisasi kedua pemain (Sergio Aguero dan Lee Tuck) untuk dinaturalisasi menjadi warga negara Malaysia,” tulis New Strait Times.

“Lee Tuck dan Aguero telah bermain di Malaysia sejak 2017 dan telah memenuhi syarat untuk mengajukan paspor Malaysia. Sebelumnya, Lee Tuck masuk radar FAM karena mengaku memiliki darah Malaysia,” lanjut laporan media tersebut.

“Setiap klub Malaysia Super League bebas mengajukan proses naturalisasi selama si pemain asing memenuhi kriteria FIFA. Menurut aturran FIFA, pemain asing yang telah tinggal lima tahun di suatu negara dapat mengajukan paspor dan mewakili tim nasional negara itu,” tegas New Straits