Pemerintah Respon 4 Nama Usulan Shin Tae-yong untuk Dinaturalisasi

Pemerintah merespon keinginan pelatih Shin Tae-yong menaturalisasi 4 pemain keturunan. Hari ini, Kamis (10/2/2022) PSSI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan melakukan pembicaraan mengenai hal ini di kantor Kemenpora, Jakarta.

Empat nama yang direkomendasikan Shin Tae-yong diantaranya adalah Kevin Diks (FC Kobenhavn/25 tahun), Jordi Amat (KAS Eupen/29 tahun), Sandy Walsh (KV Mechelen/26 tahun), dan Mees Hilgers (Twente/20 tahun).

Sejauh ini PSSI mengklaim ada progres yang signifikan mengenai proses naturalisasi keempat pemain. Sementara pemerintah ingin mendengarkan masukan dari PSSI mengenai keempatnya tersebut.

Pertemuan ini nantinya akan dihadiri oleh ketua Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Waketum Iwan Budianto, Sekjen Yunus Nusi, Direktur Teknik Indra Sjafri, Exco Hasani Abdulgani, dan Shin Tae-yong.

Pertemuan ini akan dimanfaatkan oleh PSSI untuk memberikan pemaparan mengenai program naturalisasi agar tidak sembarangan.

"PSSI dan pemerintah dalam hal ini Kemenpora tidak ingin melakukan naturalisasi dengan serampangan," jelas Nusi. 

"Naturalisasi yang pernah dilakukan sebelumnya menjadi pembelajaran PSSI untuk bertindak hati-hati."

PSSI sekiranya akan menaturalisasi pemain yang memang masuk dalam skema pelatih Timnas Indonesia.

"Ukurannya, calon pemain naturalisasi itu harus bisa menutup kelemahan yang ada di timnas Indonesia."

"Prosesnya panjang. Kami tidak bisa menargetkan selesai, misalnya, sampai 5-6 bulan. Tapi, akan kami ikuti prosesnya. Kalau bisa cepat tentu kita bersyukur," pungkas Yunus.