Profil Tokyo Verdy, Klub Pratama Arhan yang Pernah Jadi Raja Asia

author photo Februari 15, 2022

Pratama Arhan resmi bermain untuk Tokyo Verdy di Liga 2 Jepang (J2-League). Meski saat ini berlaga di kasta kedua Liga Jepang, namun nyatanya Tokyo Verdy memiliki sejarah kejayaan di kompetisi sepakbola Jepang.

Kepindahan Pratama Arhan ke Liga Jepang memang sudah bisa di prediksi mengingat pemain Timnas Indonesia tersebut menyedot perhatian banyak orang saat tampil gemilang di Piala AFF 2020 lalu.

Bermain di Fullback kiri, Pratama Arhan menunjukkan permainan modern dengan mampu bertahan maupun menyerang dengan baik. Arhan yang mampu melempar bola cukup jauh ini juga mencetak gol ke gawang Malaysia yang tidak dapat dilupakan publik.

Sempat dikaitkan bersama Lazio di Liga Italia, namun Pratama Arhan akhirnya berjodoh dengan Tokyo Verdy. Lantas bagaimana kiprah Tokyo Verdy di kompetisi sepakbola Jepang?

Profil Tokyo Verdy

Tokyo Verdy berbasis di Chofu, Tokyo dan saat ini berkutat di kompetisi kedua Liga Jepang (J2-League).

Pada awal pembentukannya tahun 1969 yang bernama Yomiuri FC, Tokyo Verdy ternyata bukanlah klub sembarangan di kompetisi sepakbola Jepang.

Tahun 1978, Tokyo Verdy sukses masuk ke kompetisi tertinggi Liga Jepang dan setahun kemudian berhasil memenangi gelar pertamanya yakni Japan Soccer League [JSL] Cup.

Tidak tanggung-tanggung, Tokyo Verdy adalah tim dengan sejarah juara terbanyak di Liga Jepang dengan 25 trofi kompetitif. Masa kejayaannya yakni tahun 1983 hingga 1994 yang saat itu masih bernama apan Soccer League [JSL] dan belum J-League.

Pada awal-awal 90-an, Verdy sukses menjuarai JSL sebagai Yomiuri FC di musim 1983/84, 1984/85, 1986/97. BAhkan tahun 1987 mereka menjadi juara Liga Champions Asia. Hegemoni mereka berlanjut di awal 90-an dengan menyapu bersih titel liga empat musim berentet [1990-1994] dengan nama Verdy Kawasaki.

Total, Koleksi tujuh gelar juara menjadikan Verdy sebagai kampiun liga terbanyak dalam sistem sepakbola Jepang.

Pada 1993 nama JSL berubah menjadi J-League dan berkiprah di kompetisi tertinggi Liga Jepang tersebut selama 12 tahun. Koleksinya adalah satu trofi Emperor's Cup dan tiga gelar J.League Cup.

Sayangnya saat ini Tokyo Verdy masih berlaga di kompetisi J2- League, akankan kedatangan Pratama Arhan mampu membawa Tokyo Verdy kemabli ke kasta tertinggi sepakbola Jepang? Kita tunggu saja.

This post have 0 comments


:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement